Rabu, 27 Maret 2013

Pengertian dan Contoh Explanation text

Pengertian Explanation Text 

Sesuai dengan namanya, explanation text adalah sebuah tulisan yang memberikan penjelasan terperinci tentang beragam hal yang ada di sekitar kita, mulai dari bencana alam, budaya, seni, ilmu pengetahuan dan hal-hal menarik lainnya. Untuk membedakan explanation text dengan tulisan lainnya adalah bahwa biasanya explanation text digunakan untuk menjawab pertanyaan "how" dan "why". Pertanyaan-pertanyaan tersebut misalnya : "How Rainbow is Formed", "How Volcano Eruption is Occur" dan beberapa pertanyaan lainnya.

Panduan Membuat Explanation Text

Sebenarnya tidak sulit untuk membuat explanation text selama kita benar-benar menguasai bahan yang akan ditulis. Hal ini tidak terlepas dari tujuan utama pembuatan tulisan ini yang dimaksudkan untuk memberikan penjelasan rinci tentang apa dan bagaimana sesuatu bisa terjadi. Nah, sebelum kita membuat tulisan ini, ada baiknya kita mengenal dulu tentang generic struktur of explanation text. Ada 3 bagian yang harus dipenuhi untuk membuat explanation text, yaitu :

  1. General Statement (biasa disebut juga dengan Intro) - Pada bagian ini sebenarnya merupakan kalimat pembuka untuk memperkenalkan pokok masalah yang akan dibahas. Biasanya merupakan informasi yang sifatnya sangat umum namun masih terkait erat dengan pokok bahasan. 
  2. Sequenced of Explanation -  Bagian ini merupakan inti dari tulisan explanation text yang memiliki fungsi untuk menjawab permasalahan terkait dengan pertanyaan "Why" dan "How". Biasanya bagian merupakan bagian terpanjang dari tulisan yang bisa terdiri dari satu paragraf atau lebih.
  3. Closing - Sebenarnya tanpa closing pun sebuah tulisan masih bisa dikategorikan sebagai explanation text. Namun, beberapa pendapat menyatakan bahwa closing juga diperlukan untuk membuat tulisan lebih terstruktur. Biasanya dalam closing diutarakan tentang kesimpulan atau bahkan ide dan pemilikiran yang ingin disampaikan penulis terkait dengan tulisan tersebut.
Mudah bukan cara membuat explanantion text? Jika masih merasa kesulitan dengan petunjuk di atas, contoh explanation text berikut ini mungkin akan sangat membantu untuk menyelesaikan tugas Bahasa Inggris kita. 

Contoh Explanation Text :
  1. How Rainbow is Formed
  2. Flood Disaster
  3. Volcano Eruption

Tidak ada komentar:

Posting Komentar